Pura Goa Gajah Gianyar Bali

Posted on
Pura Goa Gajah adalah salah satu pura dan sedang yang terletak di bagian barat desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar Bali atau hanya satu jam berkendara dari kota Denpasar ( Lokasi ) yang merupakan simbol dan suasana peradaban masyarakat Hindu dan Budha di pulau Bali. Goa gajah jika di artikan maka berarti gajah. Kenapa di namakan Goa Gajah?, Karena salah satu kompleks pura ada sebuah goa dengan ukiran besar di pintu masuknya yang panas gajah, maka semoga pura ini disebut pura goa gajah.
Pura goa gajah

Baca juga:  Sejarah Pura Gunung Kawi Tampaksiring Gianyar

Sejarah pura Goa Gajah:

Pura Gajah Sendiri masih memiliki perdebatan kapan di bangun secara detail, namun menurut catatan kerajaan Majapahit yang bertahun 1365 AD menyatakan bahwa pura Goa Gajah di bangun oleh sebuah kerajaan di Bali bernama kerajaan Bedahulu pada abad ke 11 AD. atau sebelum pengaruh budaya kerajaan Majapahit masuk ke pulau Bali. Dalam catatan tersebut juga menyebutkan bahwa Pura Goa Gajah digunakan untuk pemujaan oleh dua agama sekaligus yaitu Hindu dan Buddha atau saat itu disebut dengan agama Siwa-Budha dan dalam perkembangan selanjutnya ketika popularitas agama Budha meredup pura Goa Gajah tetap digunakan pemeluk Hindu sebagai tempat pemujaan. Kompleks candi ini juga adalah sebuah situs arkeolog dimana pada bagian halaman pura terdapat banyak potongan-potongan arca dan candi yang belum selesai disusun.

Baca juga: Sejarah Dan Pantangan Di Pura Lempuyang

Tentang Pura Goa gajah:
Di dalam kompleks Pura Goa Gajah tidak hanya terdapat sebuah Goa besar saja namun ada bangunan lain seperti pancuran air dari beberapa arca, airnya sendiri adalah sumber air dari pertemuan dua mata air dimana dalam masyarakat Hindu Bali hal tersebut adalah hal yang dipandang sebuah sebuah hal yang sangat suci. Terdapat juga sebuah arca dewa Ganesha sebagai dewa pelindung dalam kepercayaan agama Hindu. pada sudut lainnya terdapat reruntuhan bekas candi bercorak Buddha yang dipahat pada bebatuan cadas.

Suasana dari kompleks Pura Goa Gajah sendiri penuh dengan kedamaian, bentuk arsitekturnya membawa anda era masa lalu khas era kerajaan-kerajaan bercorak Hindu dan Buddha. Anda juga diperkenankan untuk memasuki Goa utama di pura ini, didalamnya terdapat bilik-bilik yang dulunya dipercaya digunakan untuk bermeditasi.

Baca juga: Pura Gua Lawah, Persemayaman Kepala Sang Naga Basuki

Pura ini dibuka untuk umum namun ada pengecualian bagi para wanita yang sedang datang bulan tidak diperkenankan untuk memasuki wilayah pura untuk menjaga kesucian Pura itu sendiri.

Nah, jika anda memilih tujuan wisata di wilayah seputaran Ubud dan Gianyar maka pura goa gajah sangat cocok sekali sebagai salah satu tujuan tempat wisata anda di bali. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang tempat wisata yang ada di bali. Terima kasih…

Sumber: Dinas Pariwisata Pemkab Gianyar, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *